Posted on

Berbisnis Ikan Mas Koki Dan Ikan Hias

Sepertinya, inilah saat yang tepat untuk saya memulai bisnis penjualan ikan mas koki dan ikan hias ini. Dulu, memang saya tidak segera memulai karena saya harus memberikan kesempatan untuk orang lain yang ingin mencoba peruntungan di bidang ini. Namun, setelah saya tunggu sekian tahun dan ternyata tidak ada yang mengambil kesempatan ini, maka perlu kiranya saya yang mengambilnya.

Dulu, saya memang sudah ingin berbisnis bidang ini. Namun, karena lokasi saya yang masih jauh di sana maka keinginan ini saya pendam. Sejak SMU, saya juga sudah belajar berbisnis ikan koki ini dengan bergabung dengan teman yang memiliki kolam untuk bersama-sama memelihara ikan mas ini. Karena masih tahap belajar, dulu saya juga tidak berhasil 100 persen dalam memelihara dan membesarkan ikan tersebut.

Saat kuliah, saya juga pernah mencoba memasarkan ikan hias ke berbagai pasar yang menjual ikan hias secara khusus. Namun, sepertinya hal itu tidak mudah karena saya juga masih bermodal nekat dan belum mengetahui sistem pemasaran yang baik.

Harapa saya tetap sama, bisa membantu masyarakat sekitar sini pernah saya lakukan dengan harapan agar perekonomian petani ikan di sini semakin lebih baik. Pernah juga saya bergabung dengan adanya pokdakan agar bisa menjadi lebih baik. Namun, ternyata tidak semua bisa di bantu dengan cara seperti itu. Meskipun juga tidak bisa di katakan gagal, namun mungkin bukan itu yang bisa dilakukan agar cara ini bisa efektif dan efisisien.

Sejak tahun 2011, saya sudah membuat blog tentang penjualan ikan mas koki di sini: Jual Ikan Mas Koki. Di sana saya tidak langsung mengumumkan bahwa saya menjual ikan mas koki.  Bisnis utama saat itu adalah kedai kopi dan perlengkapan TNI Polri yang juga masih tahap membantu orang tua.  Di tahap awal, saya ingin menjajaki bagaimana permintaan akan ikan ini di Indonesia. Tinggi atau tidak. Selain itu, blog ini saya juga gunakan untuk salah satu lini pemasaran ikan mas koki.  Ternyata responnya cukup bagus. Akhirnya, di tahun 2017 ini saya kira tidak ada lagi halangan untuk saya terjun ke bisnis ikan mas koki ini. Saya kira saya siap untuk memulai memasarkan secara intens ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Saya juga sudah siap dari segi materi, karantina, hingga pengiriman ke luar pulau di Indonesia.

Semoga saja, semua berjalan dengan lancar. Selain bisa menjadi salah satu jalan rizqi yang Tuhan berikan, hal ini juga bisa membantu masyarakat para petani ikan agar bisa menjual ikan hasil panennya dengan mudah. Saya juga merasakan bisnis di bidang ini lebih aman, lebih bersih dan terasa nyaman karena saya juga menyukai ikan hias. Tidak hanya ikan mas koki seperti ikan koki ranchu, ikan koki ryukin, ikan demekin , ikan koki oranda pancawarna dan lain-lain, namun ikan hias yang lain juga bisa saya bantu pemasarannya seperti ikan guppy, ikan cupang, ikan lemon, ikan sumatera, dan ikan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *