Posted on

Memproduksi aneka mainan anak alat peraga edukatif

Sebenarnya bisnis ini sudah terbesit di benak saya beberapa bulan yang lalu. Banyaknya permintaan akan produk perlengkapan TNI Polri yang di guanakan untuk memenuhi kebutuhan tender membuat kami berfikir akan peluang produk ini.  Kesimpulan saya pada saat itu, berarti kesempatan untuk produk alat peraga edukatif ini juga besar untuk memenuhi kebutuhan seluruh PAUD dan TK di Indonesia. Coba saja bayangkan, berapa jumlah keseluruhan dari PAUD dan TK di seluruh Indonesia? Banyak, bukan? Apalagi tiap tahun kemungkinan ada kebutuhan tender di mainan peraga edukatif ini cukup besar karena tiap tahun pasti ada yang rusak yang butuh permainan baru.

Setelah beberapa pertimbangan yang matang, akhirnya saya bersama istri saya memberanikan diri untuk mulai di desa Boyolangu Kabupaten Tulungagung, ini. Setelah mengalokasikan dana yang cukup serta tanya informasi ke sana sini ternyata untuk alat-alat yang di butuhkan lumayan banyak seperti misalnya adalah mesin bubut, mesin profil kayu, mesin gergaji, mesin bor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setelah yakin untuk bisa menjalankannya karena juga ada sumber daya manusia yang nantinya akan menghandle pekerjaan ini, membuat kami lebih yakin bisnis ini akan berjalan dengan baik.

Akhirnya kami akan segera memulai bisnis ini dengan melibatkan masyarakat sekitar untuk bisa menambah pendapatan masyarakat di sekitar lingkungan saya. Kami berharap dengan bisa menjadi produsen mainan anak berupa alat peraga edukatif ini bisa memberikan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar sini yang sebelumnya mempunyai pekerjaan pokok sebagai petani ataupun petani ikan mas koki yang sebenarnya tidak setiap hari harus bekerja di sana. Hanya waktu-waktu tertentu mereka bekerja di sawah atau menguras kolam. Biasanya, hanya hari minggu atau seminggu sekali mereka menguras kolam-kolam mereka dan secara tidak langsung mereka mempunyai banyak waktu di hari-hari yang lainnya. Begitupun juga dengan para petani di daerah sini. Mereka hanya ke sawah di waktu-waktu tertentu dan itu juga tidak setiap hari.

Selain itu, kami bisa menjual dengan harga yang lebih murah kalau kami menjadi produsen karena kami bisa memotong mata rantai yang panjang yang biasanya ada dalam penjualan bisnis ini. Hal ini mmang harus kami lakukan karena target pemasaran kami adalah penjualan dalam jumlah besar. Bila pemesanan mainan anak ini dalam jumlah besar, maka tentu saja harga jual yang kami tawarkan haruslah jauh lebih murah bila di bandingkan dengan pembelian eceran.

Menjual dalam jumlah besar ini kami rasa lebih efektif karena kami memang sudah berpengalaman dalam penjualan dalam jumlah besar seperti produk tas ransel tentara, sabuk kedinasan, drahrim, kopelrim , baret dan lain sebagainya. Kami memiliki sumber daya dan keterampilan untuk itu. Dan kenapa kami tidak mengoptimalkannya, bukan? Target pasar kami tidak hanya lokal sini saja, melainkan juga kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, hingga luar pulau seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan hingga Irian Jaya.

Di samping kesibukan saya yang lainnya, kami akan terus melakukan pergerakan. Kami tetap berprinsip tidak apa lambat asal ada pergerakan dari pada tidak ada sama sekali.  Harapan kami, bulan depan sudah bisa memproduksi beberapa contoh alat peraga sekolah paud dan tk untuk kami kembangkan modelnya ke bentuk-bentuk yang lain. Kami optimis, denan jiwa seni yang di miliki oleh tim kami, inovasi dan perbahan akan kami buat untuk menjadi yang terdepan dan terus menjadi lebih baik. (sp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *