Posted on

Mengenal Produsen Tas

Pertama kali saya mengenal bagaimana tas itu di buat adalah sekitar 16 tahun yang lalu. Saat itu, saya menikah dengan istri saya yang kebetulan ayahnya adalah seorang produsen tas. Tidak hanya memproduksi aneka tas, tapi juga memproduksi aneka seragam dan perlengkapan TNI Polri.

Di sini, di daerah Tulungagung memang merupakan salah satu daerah dengan jumlah produsen tas yang cukup banyak. Tidak sedikit tenaga kerja yang terserap dari sektor ini. Pergerakan ekonomi juga bisa terasa karena masyarakat kecil bisa mendapakan lapangan pekerjaan dan mendapatkan penghasilan.

Produsen Tas Sekolah Tulungagung
Produsen Tas Sekolah Tulungagung

Tas yang di produksi pun juga tidak hanya satu macam. Mulai dari tas sekolah, tas kantor, tas militer, tas pelatihan, tas motor dan dan masih banyak lagi yang lainnya. Paling tidak ada dua jenis tas yang di produksi di sana. Ada tas ransel dan ada tas selempang serta ada juga jenis koper meskipun jumlahnya tidak sebanyak dua jenis tas tersebut di atas.

Untuk warna kain yang di gunakan sebagai bahan utama tas juga bermacam-macam mulai dari warna netral seperti hitam, hijau, biru, oranye, hingga berbagai motif loreng seperti motif loreng NKRI, loreng malpinas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aneka Tas Sekolah Murah Grosir Berbagai Jenis Dan Warna
Aneka Tas Sekolah Murah Grosir Berbagai Jenis Dan Warna

Saya pernah googling tentang produsen tas atau pabrik tas untuk mencari lebih dalam tentang ini. Ada beberapa referensi yang saya gunakan dan mungkin akan kita share di sini sehingga bisa menambah pengetahuan bagi pembaca semuanya.

Sebenarnya, produsen tas di artikan sebagai orang atau perusahaan yang melakukan kegiatan pengelolaan sumber daya untuk tujuan menghasilkan tas. Masih dari sumber website Refreshop tersebut, di sebutkan juga dalam memproduksi tas biasanya produsen memiliki sumber daya yang harus di miliki seperti sumber daya manusia seperti karyawan dan sumber daya lain seperti alat, mesin tenun, mesin jahit dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk contoh sumber daya yang saya lihat di produsen tas di orang tua saya tersebut juga sebenarnya juga sama. Mulai sumber daya manusia dari karyawan yang bagia memotong hingga menjahit. Serta ada sumber daya yang lain seperti peralatan seperti beberapa mesin pemotong untuk kain dan juga tentu saja ada mesin jahit yang akan di gunakan untuk menjahit.

Beberapa sumber daya tersebut memang di olah untuk bisa menghasilkan tas. Ada beberapa proses yang harus di lalui sehingga bisa menjadi hasil akhir yaitu sebuah tas. Karena sudah berpengalaman cukup lama, seperti yang sudah saya lihat sepertinya beberapa proses sudah tersistem dengan baik meskipun belum tertulis. Mulai dari pesanan yang datang dari konsumen hingga di serahkan ke bagian potong untuk lalu bisa di jahit sesuai dengan pesanan.

Beberapa karyawannya pun sepertinya sudah mahir dalam proses pemotongan. Paling tidak, sudah tahu bagian apa saja yang harus di potong dan berapa saja ukurannya sehingga nantinya potongan-potongan kain tersebut siap untuk di jahit oleh penjahit. Begitupun juga dengan penjahit tasnya. Lumayan cepat untuk bisa mengerjakan sebuah tas mulai dari lembaran kain, pemasangan saku, resliting hingga webing yang akan di pasang sebagai tali selempang untuk penggunanya.

Untuk proses yang lebih efisien dan efektif, tidak semua pengerjaan di lakukan di tempat itu. Hampir sebagian besar pengerjaan di lakukan di penjahit dan dilakukan di rumahnya masing-masing. Biasanya, penjahit-penjahit tersebut akan mengambil potongan kain yang siap di jahit beserta peralatannya dan akan mengerjakannya di rumah setelah mengerti benar desain tas yang seperti apa yang akan di kerjakannya tersebut. Untuk ongkos pengerjaannya pun juga di lakukan per tas. Tinggal mengalikan saja berapa tas yang sudah di kerjakan dan nanti akan di bayarkan sesuai dengan jumlah tersebut.

Yang membuat saya heran, ternyata jumlah penjahit yang berada di luar itu sangat banyak. Memang di daerah tersebut ada banyak sekali penjahit yang mempunyai keterampilan untuk bisa membuat tas. Sehingga, tidaklah sulit untuk mencari penjahit terutama bila ada banyak pesanan yang harus di kerjakan dalam waktu yang singkat. Saya amati, memang hal ini sudah terjadi sejak dulu. Sepertinya, semua terjadi begitu saja dan tentu saja juga tidak terjadi dalam waktu yang singkat karena dari dulu sudah ada beberapa pergantian generasi dari pengusaha yang bergerak di bidang produksi tas dan perlengkapan militer di lingkungan sini.

Untuk pemasaran dari produsen tas di sini, memang lebih banyak dari mulut ke mulut. Pengalaman bertahun-tahun menjual tas membuat produsen tas akan mempunyai banyak pelanggan. Dari kesekian pelanggan, tentu ada yang melakukan pembelian ulang dan menjadi konsumen loyal. Selain itu, pembeli yang merasa puas akan produk yang di hasilkan akan memberikan rekomendasi kepada teman-temannya atau bahkan saudaranya untuk membeli tas di sini. Saat itu penjualan secara online masih belum begitu seramai sekarang ini. Meskipun begitu, ada juga yang membeli untuk di jual secara online. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi penjual karena memang karena harganya yang terjangkau, tas yang di produksi di sini tidak menggunakan label sehingga penjual bisa secara bebas menjualnya kembali.

Bagi Anda yang sedang mencari tas, Anda bisa menghubungi kami di 081 334 82 9393 atau di 0811 233 989 untuk informasi dan pemesanan. Potongan harga spesial akan di berikan bila pemesanan dalam jumlah besar. Anda bisa menghubungi kami via telepon, sms dan juga WA untuk respon yang lebih cepat. (sp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *